Total Pageviews

Wednesday, September 3, 2014

AL QUR'AN SEBAGAI PEDOMAN HIDUP UMAT MUSLIM DAN APLIKASINYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Al Qur'an adalah pedoman hidup yang sempurna bagi seorang muslim. Tapi sudahkah kita menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari ?

Tentang kebenarannya, kita tak mungkin memungkirinya. Sebagai kalam Allah SWT, Al qur'an sudah pasti benar. Dengan demikian, lewat Al Qur'an lah kita bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Kalaupun ada yang tidak jelas atau tidak kita mengerti itu juga bisa dipahami karena dalam Al Qur'an sendiri juga sudah diterangkan. Lihat surat Ali Imron (3) ayat 7.



"Dialah yang menurunkan kitab (Al Qur'an) kepadamu (Muhammad). Diantaranya ada ayat-ayat yang muhkamat, itulah pokok-pokok kitab (Al Qur'an) dan yang lain mutasyabihat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong pada kesesatan, mereka mengikuti yang mutasyabihat untuk mencari-cari fitnah dan untuk mencari-cari takwilnya, padahal tidak ada yang mengetahui takwilnya kecuali Allah. Dan orang-orang yang ilmunya mendalam berkata, "kami beriman kepadanya (Al Qur'an), semuanya dari sisi Tuhan kami." Tidak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang yang berakal."

keterangan :
Ayat-ayat tang muhkamat adalah ayat-ayat yang terang dan tegas maksudnya, dapat dipahami dengan mudah.
Ayat-ayat yang mutasyahbihat adalah ayat-ayat yang mengandung beberapa pengertian, sulit dipahami atau hanya Allah yang mengetahui.

Tentang isi / kandungannya, maka semua sudah lengkap di dalamnya. Isi Kandungan Alquran dapat dibagi menjadi beberapa hal yaitu : Aqidah, Ibadah, Akhlak, Hukum, Peringatan / kabar gembira, Sejarah / kisah-kisah dan ampunan; Dorongan Untuk Berfikir.

Karena  lengkapnya isi / kandungan Al Qur'an dan dengan didukung oleh hadis-hadis sahih nabi Muhammad saw, maka semua isinya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan petunjuk lengkap dengan solusinya.

Ada yang unik yang ingin saya ceritakan sehubungan dengan Al Qur'an ini. Karena lengkapnya isi kandungan Al Qur'an ini, maka apapun yang kita baca, sedikit atau banyak pasti ada hubungan dengan yang kita jalani, yang kita lihat, yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari.
Tiap pagi, sehabis mengaji ba'da sholat subuh, saya biasanya membuka Al Qur'an secara acak ( halaman  apa saja ), kemudian secara spontan saya tunjuk ayat apapun yang ada di halaman tersebut secara asal saja. Lalu saya baca ayat yang saya tunjuk tersebut, beserta ayat sebelum dan sesudahnya. Dan Subhanallah, entah kebetulan atau memang petunjuk Allah, ternyata ayat tersebut selalu ada hubungannya dengan apa yang saya lalui hari itu. Bisa suatu kejadian yang aku alami sendirri, sesuattu yang aku lihat di media cetak ataupun elektronik, dsb. Tentu saja kalau kita bisa mengambil hikmahnya. Dan membacanya dengan mata hati... apa yang tersurat maupun apa yang tersirat.
Allah maha besar.


Agus Prihandono
KISAH HIKMAH

No comments:

Post a Comment