Total Pageviews

Wednesday, March 29, 2017

MENGAPA KITA HARUS BERPUASA ?

MENGAPA ?

Puasa adalah salah satu rukun islam yang harus kita kerjakan dalam perjalanan kehidupan kita. Hukumnya adalah wajib pada saat bulan ramadhan dan sunah pada waktu selainnya. Banyak sekali kebaikan yang kita dapatkan dari puasa ini. Lihat 7 alasan kenapa kita harus berpuasa pada www.7topranking.com atau Mengapa kita berpuasa ramadhan pada www.eramuslim.com arau dari banyak blog atau situs-situs yang yang lain. Banyak sekali alasan kenapa kita harus berpuasa, baik dari segi kesehatan, dari segi sosial kemasyarakatan dan lain sebagainya.

Hasil gambar untuk kata kata puasa lucu gokil
gambar : dpunik.com


Namun sebagai seorang muslim, sebagai seorang yang beriman, maka tujuan akhir puasa sesengguhnya adalah seperti yang tersurat dalam  QS Al-Baqarah ayat 183: “Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa seperti telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.”

Jadi......

Taqwa adalah tujuan akhir dari puasa. 

Hakikat dari Taqwa adalah kehati-hatian. Kehati-hatian dalam menetapi jalan yang telah di tetapkan Allah, ketentuan-ketentuan yang telah di gariskan Allah. Dan berhati-hati serta memelihara diri agar jangan sampai terkena hal-hal yang mengakibatkan dirinya keluar dari apa-apa yang bisa "memungkinkan" dirinya mendapat murka Allah,!..Seperti layaknya kita sedang melewati jalan yang penuh duri dan kita sangat berhati-hati dalam melangkah agar tidak mengenai duri itu.. Begitulah "implementasi" taqwa dalam kehidupan ini.
  

Ingatlah.....

Sebagai Sang Pencipta, sebagai Sang Khaliq, Allah pasti tahu kebutuhan kita. Jadi karena puasa diwajibkan bagi kita, maka pasti banyak sekali kegunaan bagi kita. Kita tinggal "sendiko dawuh" saja.

Semoga bermanfaat


Agus prihandono

No comments:

Post a Comment